Empat Alat Pemutar Piringan Hitam (Vinyl) yang Populer di Kalangan Artis Korea

Piringan Hitam yang seringkali juga disebut LP (Long Playing) atau Vinyl merupakan alternatif untuk mendengarkan musik selain melalui media konvensional seperti streaming atau CD. Walaupun vinyl disebut overrated, tapi tak dapat dipungkiri kalau rekaman yang disimpan dalam media tersebut lebih baik karena ukuran file yang lebih besar dan kompresi yang lebih sedikit. Salah satu dampaknya adalah amplitudo atau tinggi rendah suara yang direkam menjadi lebih lebar dan memberikan detil suara yang lebih baik.

Banyak artis Korea yang mengoleksi dan mendengarkan piringan hitam. Alat yang mereka pakai pun beragam. Apa saja merek yang digemari oleh mereka?

1. Itzy Lia & Audio-Technica

Dalam Vlog dan VLive, Lia seringkali membahas tentang koleksi piringan hitamnya. Alat pemutar yang ada di ruangannya adalah Audio Technica AT-LP60XBT (White). Alat pemutar ini mempunyai semua fitur hebat dari turntable otomatis AT-LP60X yang didesain ulang dengan kenyamanan tambahan konektivitas Bluetooth. Turntable ini didukung dengan chipset CSR BT sehingga dapat terhubung ke perangkat yang mendukung codec aptX, yang menawarkan kualitas suara yang jauh lebih baik daripada kode SBC standar.

Harga Audio-Technica AT-LP60XBT ini sekitar 2.7 juta rupiah.

2. Suzy & Rega

Foto ini muncul kembali ketika Suzy dinobatkan sebagai aktris dengan wajah cantik bahkan ketika tanpa makeup. Alat pemutar piringan hitam yang ada di ruangan itu adalah Rega Planar P3, salah satu merek asal Inggris yang sangat popular. Penggunaan cerdas dari inti partikulat ringan dengan kulit resin fenolik yang sangat kaku menjadi dasar dari kinerja tingkat tinggi yang dicapai oleh jajaran Planar original yang sekarang menjadi ikon.

Harga Rega Planar P3 ini sekitar 14 juta rupiah.

3. NCT Jaehyun & Teac

NCT Jaehyun juga sering melakukan aktifitas yang berhubungan dengan piringan hitam, mulai dari memperlihatkan koleksinya hingga berbelanja ke toko lagu. Di tempat tinggalnya, Jaehyun memiliki alat pemutar piringan hitam Teac TN-180BT. Perangkat tersebut memberi cara untuk mendengarkan piringan hitam dengan fitur Bluetooth-nya. Dirancang untuk penggemar musik, motor penggerak sabuk memastikan suara yang lebih jernih daripada pemutar DJ dengan penggerak langsung. PIlihan output yang beragam mulai dari Phono, Line, dan Bluetooth memungkinkan perangkat ini terhubung pada sebagian besar jenis amplifier, speaker aktif, atau perangkat Bluetooth.

Harga Teac TN-180BT ini sekitar 2.7 juta rupiah

4. Twice & Teac

Twice pernah memposting story yang memperlihatkan vinyl dari album Tayor Swift – Folklore pada Desember 2020 lalu. Netizen menduga itu adalah milik Jeongyeon karena dia sedang dalam hiatus sedangkan hari itu adalah perayaan debut Twice. Alat pemutar piringan hitam yang dipakai menyerupai Teac TN300TCH.

Harga Teac TN300TCH ini USD 329 (sekitar 5 juta rupiah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s