10 Sneaker Wanita Terpopuler

Sejak pandemi, popularitas sneaker semakin meningkat, begitu juga dengan penggunanya. Sekarang ini sneaker popular tidak hanya di kalangan pria, tapi juga di kalangan wanita sebagai alas kaki yang nyaman dipakai dan trendy. Kenyamanan sneaker sudah tidak diragukan karena teknologi sol pada sneaker sudah cukup maju untuk mendukung aktivitas keseharian pemakainya. Trendy juga sudah tentu dengan model yang dirancang dengan baik dan seringkali melibatkan kolaborasi dengan rumah disain atau artis ternama.

Model berikut adalah model yang popular di antara wanita berdasarkan hasil penjualan pada tahun sebelumnya. Nike masih mendominasi penjualan sneaker, tapi ada juga model dari merek lain yang sangat diminati hingga sulit didapat. Berikut model sneaker yang popular di kalangan wanita:

1. Nike Air Max

Model ini sudah tidak asing lagi bagi pelanggan gym. Ini mungkin terdengar seperti candaan kalau model ini disebut sering terlihat mengantri di jajaran treadmill gym, tapi itu membuktikan popularitasnya. Sneaker ini sangat ikonik dengan balon udara “Air” yang terlihat di sisi belakang solnya. Seri Air Max ini juga mempunyai banyak varian sehingga dapat disesuaikan dengan gaya berpakaian. Selain itu, seri ini juga disukai karena membuat pemakainya terlihat lebih tinggi dengan dukungan sol yang tebal.

Berikut estimasi penambahan tinggi dari Nike Air Max:

  • Nike Air Max 720: 4.1 cm
  • Nike Air Max 270: 3.2 cm
  • Nike Air Max 200: 3.9 cm
  • Nike Air Max 97: 4 cm
  • Nike Air Max 95: 3.7 cm
  • Nike Air Max 90: 3.1 cm
  • Nike Air Max Pre-Day: 3.2 cm

Nike Air Max disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti terlihat dipakai oleh Sooyoung dan Tiffany Young.

2. Nike Air Force 1 ’07 Low

Sejak dua tahun lalu, Nike menaruk banyak perhatian pada rilis Air Force 1 ’07 Low melalui berbagai kolaborasi untuk meningkatkan eksposurnya. Model ini terlihat seperti sneaker basket klasik, tapi satu hal yang membuatnya menarik adalah platform-nya yang lebih tinggi dibandingkan model serupa (Nike Dunk Low, Air Jordan Low). Ini memang salah satu seri sneaker dengan platform dari Nike yang dirancang untuk memberi dukungan dan bantalan tanpa mengorbankan stabilitas atau kenyamanan. Nike Air Force 1 ini memberi tambahan tinggi sebanyak 3 cm.

Nike Air Max disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti terlihat dipakai oleh Tiffany Young dan Sana (Twice).

3. Nike x Sacai

Seperti Nike Air Force 1, sneaker Nike ini juga memiliki platform yang relatif tinggi. Ini merupakan kolaborasi antara Nike x Sacai atau Nike x Sacai x Fragment. Ide dari sneaker ini adalah penggabungan antara 2 sneaker Nike, baik pada logo di samping sneaker dan sol-nya. Penggabungan sol empuk dan sol yang lebih kokoh membuat sneaker ini terasa bouncy dan nyaman walaupun tidak mengandung komponen “Air”. Reviewer menganggap ini adalah salah satu drop terbaik di tahun rilisnya. Penambahan tinggi dari pemakaian sneaker ini diperkirakan sekitar 4 cm.

Nike Air Max disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti terlihat dipakai oleh Park Shin Hye, Park Min Young, Sooyoung dan Tiffany Young.

4. adidas Ultraboost

Dua sneaker adidas yang paling digemari adalah adidas NMD dan Ultraboost. Ultraboost merupakan versi premium dari NMD dan juga sneaker teknis untuk lomba lari. Bantalan boost pada sneaker ini sudah sangat terkenal. Pemakainya menyebut perasaan ketika memakai sneaker ini itu seperti “berjalan di awan” karena bouncy dan lembut.

Sneaker ini bukan merupakan tipe platform sehingga penambahan tinggi dari pemakaian sneaker ini pun hanya 2 cm saja.

adidas Ultraboost disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti Rose (BLACKPINK), Son Na-Eun (APINK) dan Han So-Hee (Nevertheless).

5. adidas x Ivy Park

Ivy Park adalah merek kolaborasi antara adidas dan Beyonce untuk memasarkan pakaian dan sneaker. Sneaker Ivy Park sangat populer dan seringkali out of stock dengan cepat. Banyak pembeli yang memberi testimoni positif pada kolaborasi ini. Jadi, itu tidaklah mengherankan kalau drop dari kolaborasi ini layak ditunggu.

Ini adalah salah satu drop di mana Ivy Park memberi sentuhan pada sneaker adidas Ultraboost. Perbedannya ada pada warna, tali sepatu yang unik dan aksesoris seperti kerah di bagian belakang sneaker ini. Satu lagi, Beyonce berpose dengan sneaker ini. Jadi, ini adalah koleksi yang bisa dibilang unik, terbatas dan selalu ditunggu.

Penambahan tinggi dari pemakaian sneaker adidas x Ivy Park berbeda-beda sesuai dengan sneaker dasar adidas:

  • adidas x Ivy Park Ultraboost: 3.2 cm
  • adidas x Ivy Park Stan Smith: 2.1 cm

Sneaker kolaborasi adidas x Ivy Park disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti pernah diulas di sini

6. Air Jordan 1

Air Jordan ada beberapa model, tapi sneaker yang popoler adalah Air Jordan 1, terutama yang low. Ini merupakan merek yang membesarkan budaya drop dan raffle untuk mendapatkan sneaker. Bentuk sneaker Air Jordan 1 ini agak mirip dengan Nike Dunk, tapi detailnya berbeda. Beberapa perbedaannya adalah model ini menggunakan komponen “Air” dan memiliki tambahan logo Jordan (seperti sayap). Sneaker ini dianggap cukup premium karena harga-nya menjadi lebih mahal di pasar sekunder dan ini adalah cara yang lebih mudah untuk mendapat sneaker ini (dibandingkan dengan raffle). Sneaker ini terlihat vintage yang menambah kesan keren ketika dipakai.

Nike Air Jordan 1 memberi penambahan tinggi sebanyak 2.1 cm bagi pemakainya.

Sneaker Air Jordan 1 disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti Yoona, Sooyoung, Park Shin Hye dan Giselle (Aespa).

7. Brooks

Pada setengah tahun lalu, Brooks mengalahkan Nike untuk menjadi merek sepatu lari wanita No. 1 di Amerika Serikat. Brooks menuai kesuksesan dari fokusnya pada pelari wanita pemula dan kemudahan sneakernya untuk ditemukan pada chanel belanja yang digunakan oleh wanita masa kini. Model yang popular di tahun sebelumnya adalah Brooks Ghost 13 dan Brooks Adrenaline GTS 21.

Sneaker Brooks pernah memposting sneaker-nya dipakai oleh Kang So-Yeon (peserta program Netflix: Single’s Inferno). Dia memakai sneaker Brooks Glycerin 19.

Brooks Glycerin memberi penambahan tinggi sebanyak 3.1 cm (heel stack height) bagi pemakainya.

8. Converse

Merek ini sangat populer di Korea dan sneaker ini memiliki bentuk yang sangat khas. Logo converse di samping sneaker (menghadap ke dalam) dan strip hitam pada solnya. Sekilas ini adalah sneaker yang understated karena logo-nya tidak terlihat kalau kaki tidak bersilangan dan dekorasinya sangat sederhana. Rancangan retro yang ikonik dari generasi ke generasi membuat sneaker ini popular.

Sneaker Converse memakai sol yang datar tanpa dukungan arch (lengkungan pada tapak kaki). Dengan demikian, untuk sebagian orang, sneaker ini tidak nyaman untuk dipakai.

Converse Chuck 70 memberi penambahan tinggi sebanyak 1.8 cm (biasa) dan 3.5 cm (platform) bagi pemakainya.

Sneaker Converse (terutama seri Chuck 70) disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti Suzy, Sooyoung, Kim Da-Mi (My Beloved Summer), Sana (Twice), Han So Hee (Nevertheless), Yuna (ITZY), Ryujin (ITZY), Chaeryeong (ITZY), Lia (ITZY), Dita (Secret Number), Winter (Aespa), Karina (Aespa).

9. New Balance

Di negara asalnya, merek ini seringkali diasosiasikan sebagai “Sneaker Bapak Gue”. Walaupun begitu, di luar negeri, ini adalah merek yang sedang menanjaki popularitas. Ini adalah perusahaan yang punya sejarah dan membuat produk yang baik. Ketika rancangan retro sedang populer seperti sekarang ini, New Balance punya banyak rancangan seperti ini dalam katalognya.

Versi yang disebut premium adalah sneaker yang dibuat di Amerika Serikat (Made in USA). Saat ini hanya New Balance tertentu dari seri 990v2, 992 dan 995 saja.

New Balance seri 574 memberi penambahan tinggi sebanyak 2.9 cm

Sneaker New Balance disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti Suzy, IU, Kim Da-Mi (My Beloved Summer), Han Hyo Joo (Happiness).

10. Veja

Ini adalah sneakernya anggota kerajaan Inggris – itu mungkin yang terbersit ketika mendengar merek ini. Ini adalah merek yang pernah dipakai oleh Kate Middleton dan Meghan Markle.

Kate Middleton di National History Museum (2021)
Meghan Markle di Sydney (2021)

Sneaker dari perusahaan asal Perancis ini memiliki rancangan yang bersih dan kontemporer, tapi itu bukan satu-satunya hal yang menarik para pemakainya. Sneaker ini dibuat dengan pemikiran akan pelestarian lingkungan. Dua bahan utama yang dipakai adalah kulit dan vegan.

  • Bahan kulit dipastikan tidak berasal dari Amazon atau area hutan yang diubah menjadi peternakan. Dalam proses tanning, Veja menggunakan chroma (10%) atau metode alami sehingga tidak mempengaruhi lingkungan.
  • Bahan vegan (katun) berasal dari Peru dan Brazil dengan kontrak untuk memastikan proses dilakukan secara organik dan tanpa bahan kimia.

Ini adalah perusahaan yang punya karakter dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, itu hal yang dicari oleh para pemakainya.

Sneaker Veja memberi penambahan tinggi yang berbeda-beda tergantung pada modelnya:

  • Marlin: 2.4 cm (heel height)
  • Condor: 2.7 cm (heel height)
  • V-10: 3.5 cm (heel height)
  • V-12: 3 cm (heel height)

Sneaker Veja disukai oleh idola KPop dan artis Drakor seperti Kim Da-Mi (My Beloved Summer), Emily Alyn Lind (Gossip Girl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s