Perbedaan antara Air Jordan 1 vs Nike Dunk vs Nike Air Force 1 ’07 Low

Jung Il-Wo, Jihyo (Twice), Moon Ga-Young

Ini adalah tiga produk yang paling banyak dicari oleh pembeli sneaker – baik untuk dipakai sendiri ataupun untuk dikoleksi. Secara sekilas, ketiganya seperti produk yang mirip, tapi sebenarnya masing-masing punya ciri khas sendiri. Berdasarkan waktu peluncuran, Air Force 1 dirilis pada tahun 1982 dan merupakan sneaker basket pertama yang dibuat oleh Nike. Setelah itu, Air Jordan 1 dan kemudian Nike Dunk dirilis pada tahun yang sama,1985.

Sebagai pembandingnya, berikut adalah tiga model populer dengan rentang harga yang mirip:

  • Air Jordan 1 Low “Gym Red” (Rp. 1.429.000)
  • Nike Dunk Low “White Black” (Rp. 1.429.000)
  • Nike Air Force 1 ’07 Low Triple White (Rp. 1.379.000)

Berikut perbedaannya:

1. Tampak Depan

Ketiga sneaker ini dirancang untuk basket. Bagian atas ketiga sneaker ini, sebagian besar terbuat dari bahan kulit dan lidah sneaker terbuat dari bahan nylon. Ketika sneaker ini dilengkapi dengan insole yang dilengkapi dengan arch support. Padding pada Air Jordan 1 dan Nike Air Force 1 lebih baik daripada Nike Dunk. Itu membuat keduanya terasa lebih nyaman.

2. Tampak Samping

Ketika sneaker ini memiliki logo Nike “Swoosh” yang dijahit di kedua sisi (luar dan dalam). Logo Nike pada Air Jordan 1 menempel dari samping luar hingga samping dalam. Pada Nike Dunk dan Nike Air Force 1, Logo ini terputus pada label Nike di sisi belakang.

Nike Air Force 1 juga diberi tambahan dua lubang udara di sisi samping untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

3. Tampak Belakang

Pada sisi belakang Air Jordan 1, logo bersayap Jordan dibordir. Logo ini tidak terlihat pada Nike Dunk dan Nike Air Force 1. Sebagai gantinya, keduanya memiliki logo Nike. Bagian belakang Nike Air Force 1 lebih tinggi dibandingkan baik Air Jordan 1 maupun Nike Dunk – ini memberi sandaran pada sisi belakang kaki yang lebih baik.

4. Tampak Atas

Baik Air Jordan 1 dan Nike Dunk mempunyai tujuh pasang lubang tali yang terpakai, sedangkan Nike Air Force 1 memiliki delapan pasang lubang tali yang digunakan. Nike Dunk memiliki tambahan 1 pasang eyelet yang dapat dipakai untuk ankle strap (walaupun biasanya ini tidak dipakai ).

Label Nike pada lidah sneaker Air Jordan 1 dan Nike Air Force 1 tertulis “Nike Air”. Pada Nike Dunk, label tersebut hanya tertulis “Nike” saja.

5. Tampak Bawah

Ketiga sneaker memiliki alur pada bagian bawah sol untuk memberi traksi yang baik.

6. Boks Jari Kaki (Toe Box)

Baik Air Jordan dan Nike Dunk seringkali memakai dua warna pada bagian ini, sedangkan Nike Air Force 1 menggunakan warna yang sama.

Bagian boks jari kaki pada Nike Dunk lebih lebar dibandingkan dengan Air Jordan 1, tapi Air Force 1 memiliki boks jari kaki yang lebih lebar lagi. Itu memberi ruang yang lebih baik pada pengguna dengan kaki yang relatif lebih lebar.

Perforasi untuk lubang udara pada Air Jordan lebih rapat dan lebih ke depan (bagian belakang tidak terdapat lubang udara). Pada Nike Dunk, lubang udara tersebar lebih merata dari depan sampai akhir boks jari kaki. Pada Nike Air Force 1, lubang udara tampak sedikit lebih besar dan lebih ke belakang (bagian ujung depan tidak terdapat lubang udara).

Salah satu bagian yang khas dari Nike Air Force 1 adalah plat berwarna metal dengan tulisan “AF1”. Ini juga yang membuat sneaker ini mudah dikenali.

7. Teknologi Sol

Sol yang dipakai oleh Air Jordan 1 dan Nike Air Force 1 memiliki unit “Air” (kantong angin) yang memberi kenyamanan yang lebih baik dan membuat sol terasa lebih ringan. Nike Dunk yang tidak memiliki unit “Air” mempunyai fondasi sol karet yang lebih kokoh.

Nike Air Force 1 juga memiliki sol yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua sneaker lainnya walaupun perbedaannya hanya 1 cm.

Air Jordan 1
Low
Nike Dunk
Low
Nike Air Force 1
’07 Low
“Air” UnitAdaTidakAda
Penambahan tinggi
badan
2 cm2 cm3 cm

KESIMPULAN

Untuk kenyamanan, Air Jordan 1 Low lebih baik karena dilengkapi dengan Air Unit dan padding yang lebih baik. Air Jordan 1 juga terlihat lebih keren dengan logo Jordan bersayap di bagian belakang sneaker.

Jika pemakai memiliki kaki yang melebar, Air Force 1 menjadi pilihan yang sama baiknya dengan Air Unit dan padding yang baik. Begitu juga jika pemakai mengutamakan penambahan tinggi dari sneaker karena sneaker ini memiliki platform yang lebih tinggi.

Jika pemakai mengutamakan sneaker yang santai dan leluasa, Nike Dunk adalah pilihan yang baik dengan boks jari kaki yang cukup lebar dan padding yang lebih sedikit. Jika pemakai ingin memakai angke strap, ini adalah sneaker yang tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s